Selasa, 24 Januari 2012

PENGARUH ROKOK TERHADAP KEPRIBADIAN


MAKALAH
“ Pengaruh Rokok Terhadap Kepribadian”
















Penyusun :
Tuwindar
(FMIPA/Biologi 2009)




Universitas PGRI Banyuwangi
2009


Daftar Isi
Cover…………………………………………………………………….i
Daftar Isi………………………………………………………………..ii
BAB I
Pendahuluan…………………………………………………………….1
Rumusan masalah..……………………………………………………..1
Tujuan…………..………………………………………………………1
BAB II
Kajian pustaka dan Landasan teori                                                                                                  a. Pengertian …………………………………………………………...2  b. Masyarakat yang merokok dan penyebabnya……………………….2 
c. Sudut pandang Biologi………………………………………………3
d. Sudut Pandang Sosiologi……………………………………………3
e. Pencega2han Merokok………………………………………………4

Daftar pustaka………………………………………………………….5










BAB I
Pendahuluan
1.1   Latar belakang
Sosialisasi adalah salah satu proses yang dilakukan manusia sebagai makhluk sosial.Sebagai sebuah proses sosialisasi proses ,sosialisasi memiliki satu tujuan yang diindikasi keberhasilannya dapat diukur .Sosialisasi memiliki beberapa tahapan dan dipengaruhi oleh berbagai faktor.Dalam bersosialisasi ,setiap individu harus memiliki konsep diri.Konsep diri memiliki kepribadian seseorang.Pembentukan keopribadian memerlukan media sosialisasi.Selain memiliki media ,sosiologi juga dibagi dala beberapa jenis. Dalam hidup bermasyarakat ,diperlukan aturan-atura tertentu.Nilai dan norma sosial termasuk aturanyang dianut masyarakat.Norma sosial memiliki tingkatan.Norma dan nilai sosial berhubungan erat dngan sosialisasi .Semua hal tersebut bermuara pada pembentukan kepribadian seseorang.Kepribadian –kepribadian tiapindividu akan berdampak pada kebudayaan masyarakat itu sendiri.
Setiap individu dalam bermasyarakat tidak hidup dengan cara seragam.Ada cara hidup yang sesuai dengan aturan tapi ada pula yang menyimpang .Perilaku menyimpang dalam masyarakat dibentuk melalui suatu proses.Beberapa ahli mengemukakan teori mngenai perilaku menyimpang ini.Umumnya ,perilaku menyimpang terjadi karena faktor perbedaan.Perilaku menyimpang dapat dikategorikan berdasarkan jenis ,ciri, dan sifatnya.Untuk mengatasi perilaku menyimpang dan sikap –sikap antisional,diperlukan pengendalian sosial .Pengendalian sosial dikategorikn berdasarkan sifat ,poses ,dan fungsinya .Karena sifatnyayang penting,maka pengendalian sosial perlu dilembagakan.Pengendalian sosial dilakukan dengan cara formal dan nonformal.Jka pengendalian sosial tidak berfungsi ,tentunya masyarakat danindividu akan merasakan dampaknya yang negative.
1.2   Rumusan masalah
1.      Bagaimana penyebab seseorang mengkonsumsi rokok?
2.      Zat kimia apa saja yang terkandung dalam rokok?
3.      Bagaimana ciri – ciri orang yang mengkonsumsi rokok?
1.3   Tujuan
1.      Mengetahui penyebab seseorang mengkonsunsi narkoba?
2.      Mengetahui zat – zat kimia yang terkandung dalam rokok?
3.      Mengetahui ciri – ciri orang yang mengkonsumsi rokok?


BAB II
Kajian Pustaka dan Landasan Teori

1.1 Pengertian
Rokok adalah racun yang dapat menyebabkan gejala yang sangat fatal bila tidak dihentikan.Kebiasaan merokok selain mempengaruhi kesehatan juga mempengaruhi kepribadian .Perokok biasanya berkepribadian yang keras dan apabila tidak merokok sekali saja maka kelakuaannya semakin menjadi-jadi.
Perlu diketahui ,asap rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya .Sekitar 60 diantaranya dikenal bersifat Karsinogenik (penyebab terjadinya kanker) ,bahan kimia yang berbahaya dalam rokok diantaranya adalah:
 ASETON                                     : Penghapus cat kuku
 AMONIAK                                  : Bahan pembersih lantai
 ARSENIK                                    :Racun tikus
 BUTAN                                        : Bahan bakar korek api
 KADMIUM                                  : Dipakai pada baterai mobil
 KARBON MONOKSIDA           : Gas beracun yang keluar dari knalpot
 DDT                                             : Obat pembasmi seranggaas
 HIDROGEN SIANIDA                :Gas racun untuk hukuman mati
 METANOL                                  : Bahan bakar roket
 NAPTHALENE                            : Kapur barus
 TOLUENE                                   : Bahan pelarut Industri
VINIKLORIDA                            : Bahan baku plastik PCV
(Maryati kun dan juju suryawati.Kandungan – kandungan dalam rokok.67)
1.2 Masyarakat yang maerokok dan penyebabnya
Dewasa ini ,rokok bukanlah hal yang tabu bagi semua lapisan masyarakat.Yang biasanya untuk pria ,sekarang tidak asing lagi perempuan memakainya juga.
Berikut ini kami akan mengutarakan alasan perokok dengan penyebab mereka merokok:
Anak –anak
Anak-anak biasanya merokok disebabkan pengaruh teman sebayanya.Mungkin saja kurang ketatnya pengawasan orang tuanya.Atau juga karena kesibukan orangtua yang akan melantarkan anaknya.Hal ini jarang terjadi,tapi telah kami teliti anak-anak jalanan banyak yang merokok,sebab hidup mereka yang kurang terawat oleh orangtuanya.
Remaja
Remaja adalah masa di mana terjadinya kelabilan jiwa karena telah memasuki fase dari anak-anak menuju fase dewasa.Hasil wawancara kami terhadap remaja yang merokok karena dipengaruhi oleh teman mereka.Karena apabila tidak merokok dikatakan tidak gaul oleh teman-temannya.
 Dewasa
Pada fase dewasa ,alasan merokok karena kebutuhan untuk menenangkan pikiran para orang dewasa.Itu disebabkan banyaknya opini masyarakatyang apabila merokok dapat mengurangi beban pikiran.
(Iskandar junaidi.sosiologi kelas X:77)  
1.4   Sudut pandang biologi

Sebagian besar ilmuan abad 19 perilaku menyimpang disebabkan faktor biologis,seperti tipe sel tubuh.Ilmuwan seperti Lombroso,Kretschemer,Hooton,Von Henting ,dan Sheldon.Hasil penelitian menunjukkan orangyang mempunyai tipe tubuh tertentu cenderung melakukan perbuatan menyimpang.
 Sheldon mengidentifikasi tipe tubuh menjadi 3 dasar: endomorph(bundar,halus,gemuk),dan mesomorph (berotot,atletis),dan echtomorph(tipis,kurus) mempunyai potensi masing-masing.Bagi perokok mempunyai bibiryang berwarna hitam,nafas berbau rokok,dan lain-lain.
 Cesare Lombroso (kriminolog Italia) berpendapat orang yang jahat mempunyai ciri rahang besardan tulang pipi panjang ,kelainan mata yang khas ,tangan,jari,kaki yang relatif besar,susunan gigi yang abnormal.Dari ciri di atas perokok umumnya penjahat.Orang beranggapan dengan merokok akan terlihat kuat.
( Kun maryati dan juju suryawati . Kandungan – kandungan dalam rokok.125)
1.4 Sudut pandang sosiologi
Teori psikologi berbeda dengan teori biologi.Teori ini beranggapan bahwa seeorang yang mengalami penyakit mental yang berupa gangguan dengan bentuk perilaku menyimpang.
Sigmund Freud membagi diri manusia atas tiga dasar yaitu:
Id : Bagian diri yang bersifat tidak sadar ,naluriah dan implusif terpengaruh oleh gerak hati
Ego : Bagian diri yang bersifat dasar dan rasional(penjaga pintu kepribadian)
Superego : Bagian diri yang telah menyerap nilai-nilai kulural dan berfungsi sebagai suara hati.
1.5   Pencegahan Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang buruk.Karena selain merusak kesehatan juga merusak kepribadian kita.Untuk tidak merokok lakukan pencegahan dini.Pelajari dari pengalaman berbagai orang yang mengeluh saat merokok sehingga kita bisa merasakan dampak buruk merokok.
(Iskandar junaidi. Sosiologi kelas x . 83)




















Daftar Pustaka
Kun Maryati dan Juju Suryawati.2004.Kandungan – kandungan dalam rokok.Jakarta:PT Erlangga Esis.

Iswantoro,Budi.2002.Ancaman merokok.Semarang: CV.Kurnia abadi

Iskandar , Junaidi . 2001. Sosiologi kelas X.Bandung :
































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar